Merubah televisi biasa menjadi smart TV

Di era digital saat ini televisi sudah semakin ditinggalkan khususnya dikota kota besar digantikan dengan gadget yang lebih fleksibel bisa dibawa kemana mana dan memiliki fitur lengkap daripada menggunakan TV konvensional. Meskipun begitu televisi tetap masih dibutuhkan sebagai sarana hiburan khususnya digunakan dalam ruangan karena memilki layar dan audio yang lebih besar, mampu memuaskan kita dalam menonton hiburan menjadikan TV belum tergantikan.  Nah lalu bagaimana dengan perkembangan perangkat atau televisi itu sendiri ? kita akan membahas selengkanya di pembahasan berikut..

Awal mula munculnya televisi ditemukan oleh John Logie Baird pada tahun 1926 di london. Awalnya televisi berukuran sangat besar guys, dimana tampilan masih berupa gambar dengan 2 warna saja yaitu hitam putih. Lalu kemudian berkembanglah menjadi tv berwarna yang berbentuk tabung sampai kemudian muncullah Smart Televisi atau bisa juga disebut televisi digital dengan kemampuan untuk bisa melihat siaran video secara online. Televisi online seperti kebanyakan TV terbaru saat ini membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan programnya. Lalu apakah TV yang sudah kita beli sebelumnya tidak bisa mengikuti perkembangan Smart TV yang dijual bebas ? jangan buru buru mengambil kesimpulan ya guys, karena inovasi yang begitu cepat bahkan TV biasa bisa menjadi smart TV  dengan bantuan alat yang disebut dongle. Ada 2 syarat yang harus dipenuhi pada kebanyakan perangkat dongle yaitu tv harus memiliki port HDMI dan juga USB yang akan digunakan sebagai power. Nah coba cek televisi kalian, apabila ada kalian bisa menggunakan dongle sebagai pilihan untuk menghemat pengeluaran daripada beli smart televisi baru.  

Prinsip kerja dari dongle itu sendiri adalah dimana dongle merupakan perangkat yang memiliki operating system didalamnya dengan menggunakan aplikasi dari gadget yang diinstall aplikasi pendukung sebagai alat remotenya. Untuk smart televisi bisanya sudah include didalamnya. Dengan dongle kita bisa menonton film, streaming dan melihat siaran televisi selayaknya menggunakan smartphone secara online guys. Karena koneksi utama menggunakan internet, maka pastikan koneksi internet stabil agar kalian tidak terganggu dengan buffering guys. 

Baca juga : Beralih dari microsoft word ke google doc

Nah berikut 3 perangkat dongle yang akan membantu kalian mewujudkan impian kalian dari TV biasa menjadi smart televisi : 

1. Miracast / Ezcast

Miracast atau Ezcast mampu membuat kalian mewujudkan tv biasa menjadi smart tv guys. Dengan menggunakan Ezcast kalian bisa melakukan mirror dari smartphone atau gadget kalian kedalam tampilan televisi. Selain itu kalian juga bisa browsing, menonton video youtube melalui aplikasi Ezcast di hp yang mana nanti akan ditampilkan dilayar televisi kalian. Syarat utama kalian harus install  aplikasi Ezcat terlebih dahulu di gadget lalu koneksikan dengan wifi dari bawaan Miracast ya. Kalian juga bisa menghubungkan Miracast ke wifi dirumah kalian. Hal ini berguna apabila kalian ingin smartphone kalian tetap mendapatkan koneksi internet meski terhubung ke wifinya miracast

2. Chromecast

Chromecast bisa dibilang perangkat yang paling mahal dari yang lainnya. Hal itu karena kemampuannya yang bisa support sampai 4K guys. Dengan Chromecast kalian bisa menonton youtube, netfix, main game ringan dan lain-lain. Kemudahan Cromecast adalah dengan disertakan remote yang tentunya akan membuat kita lebih mudah dalam mengoperasikan aplikasi didalamnya. 

3. Xiaomi mi TV stick

Xiaomi mi TV memiliki operating system android yang sudah include remote, sehingga membuat kita bisa install aplikasi yang dibutuhkan seperti misalkan youtube, netflix dan sebagainya tanpa perlu menggunkan smarphone / HP sebagai remote control. Selain itu Xiaomi mi TV juga sudah support Google Assistant loh, jadi kalian hanya perlu ngomong dan apa yang kalian cari akan muncul. Pastikan untuk tidak install aplikasi banyak ya guys karena hanya memiliki kapasitas ram yang kecil, gunakan sesuai keperluan saja.

 

Sebetulnya masih banyak lagi alat yang bisa kita gunakan untuk menjadikan televisi lama kita menjadi smart tv dengan operating system android. Tetapi ketiga alat diatas bisa dibilang cukup populer dan tentu akan menghemat pengeluaran budget kalian daripada harus membeli smart televisi baru. Kedepannya tidak menutup kemungkinan kita bisa melakukan kontrol terhadap apa yang ingin kita tonton guys, misalnya seperti tontonan khusus anak anak. Hal ini sudah dimulai seperti adanya youtube kids guys, mungkin skemanya adalah dengan menggunakan account untuk membatasi tontonan untuk anak anak. Semoga artikel diatas bermanfaat ya guys terlebih buat kalian yang ingin menonton movie atau streaming online melalui televisi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya


Belum ada Komentar untuk "Merubah televisi biasa menjadi smart TV"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel