Macam-macam Tipe USB dan Perbedaan Kecepatan Transfer

Di jaman yang serba cepat ini kalian tentu juga butuh alat yang bisa mempercepat kegiatan kalian dong. Saat ini smartphone menjadi barang yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan terkadang kita rela untuk balik ke rumah untuk mengambil smarphone yang tertinggal. Lalu bagaimana ketika smartphone kalian kehabisan baterai ? Tentu dicas dong apalagi saat ini banyak teknologi smartphone yang bisa melakukan cas dengan cepat. Baik dengan usb  konektor tipe tertentu atau dengan teknologi lain seperti VOOC seperti pada merek smartphone tertentu. Nah lalu kira kira apa perbedaan usb konektor tipe C dengan tipe lainya ?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang usb tipe C ini kalian bisa mengenal macam macam usb usb charger lain yang mungkin kalian gunakan pada smartphone sebelumnya. Untuk itu simak baik2 penjelasan berikut :
@codinganddecoding

* USB Tipe A
Usb konektor tipe A ini sering kita kita jumpai pada ujung kabel charger yang nantinya akan terhubung ke kepala charger. Begitu juga dengan usb modem, usb usb drive dan yang lainnya. Perkembangan USB tipe A saat ini sudah ada versi 3.0 dimana versi ini diklaim memiliki kemampuan transver lebih cepat dibandingkan dengan versi vebelumnya yaitu versi vebelumnya yaitu versi 2.0. Usb tipe 3.0 ini sering kita lihat pada spesifikasi untuk hardisk external. Jadi buat kalian yang mau colokin ke laptop/PC pastiin dulu port usb mana yang cocok dengan USB tipe A versi 3.0 ini.

* USB Tipe B
selanjutnya adalah usb konektor tipe B yaitu merupakan konektor dngan bentuk yang sedikit tebal. Biasanya usb tipe b ini bisa kita jumpai pada salah satu ujug usb PRINTER
Pada dasarnya USB tipe B ini memiliki pin yang sama dengan USB konektor tipe A yaitu 4 pin dan identik secara listrik. Ini merupakan fitur yang sengaja dibuat USB Implementer Forum untuk mencegah korsleting. knowledge.ni.com

* USB Mini dan Mikro
Nah untuk konektor usb tipe A maupun Tipe B mini dan mikro bisa dibilang merupakan bentuk lebih kecil dari USB konektor tipe A dan tipe B standard. Pada umumnya jenis konektor USB yang sering kita gunakan adalah usb tipe A dan B standard, mikro USB dan USB tipe C.
lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa itu USB tipe C ?

* USB Tipe C


USB tipe C adalah USB konektor yang memiliki ukuran kecil dan cepat. Saat ini bisa dibilang USB tipe C ini pada smartphone dengan kecepatan charge yang lebih cepat daripada yang masih menggunakan konektor USB yang lama dan tentunya bisa digunakan bolak balik loh.. Pada awalnya USB tipe C ini banyak kita jumpai pada produk apple,hingga akhirya smartphone android mulai menggunakan juga. Perlu diingat juga bahwa USB tipe C ini juga bisa menerima dan memberikan banyak daya sampai 900mA dibanding USB 2.0 yang hanya sampai 500mA. USB tipe C ini juga cepat dalam melakukan transfer data karena USb tipe C memiliki jumah pin yag banyak yaitu 8-24 PIN.

Terkait beberapa tipe konektor usb diatas, kita bisa melihat kecepatan transfer memiliki kecepatan transfer yang berbeda. Nah untuk mengetahui macam macam standar kecepatan transfer koneksi USB ini, kita bisa melihat ulasan di bawah ini :

* USB 1.x yang bisa dibilang standard asli dimana mungkin saat ini cukup jarang atau mungkin tidak ada yang mengunakan standard kecepatan 1.X ini

* USB 2.0 merupakan standard USB lanjutan dari 1.x dimana masih banyak digunakan sampai saat ini. USB 2.0 ini mendukung untuk kabel mini dan mikro yang salah satunya seperti charger smartphone lama kita. Selain itu biasanya usb 2.0 ini juga bisa kita temukan pada flash drive, eksternal hardisk lama.

* USB 3.x adalah kabel usb standar saat ini yang memiliki kecepatan cukup jauh lebih cepat dari usb tipe 2.0 itu karenanya usb tipe 3.x ini biasa direkomendasikan untuk dardisk external. Bisanya untuk usb 3.0 ini ditandai dengan warna biru dan memiliki simbol SS (Super Speed).

Nah sekian tadi beberapa ulasan singkat mengenai jenis jenis USB dan standar kecepatan transfer USB mulai dari USB 1.x sampai USB 3.x. Bagi kalian yang menggunakan smartphone dengan USB tipe C tentu merasakan kecepatan charge lebih cepat daripada charger dengan tipe lain karena faktor diatas. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. Thank You

Belum ada Komentar untuk "Macam-macam Tipe USB dan Perbedaan Kecepatan Transfer "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel