Tidak bisa akses mysql di linux dengan aplikasi HeidiSQL atau aplikasi lainnya? begini caranya

      Taukah kalian apa itu MySQL ? Yups bagi kalain yang mempelajari programming tentunya tidak asing lagi dengan MySQL dong. MySQL menurut wikipedia adalah "MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia." Secara singkat mungkin bisa dibilang perangkat lunak yang digunakan untuk memanagement suatu database.
      MySQL bisa jalankan di windows dengan menginstall xampp dengan mengaktifkannya pada control panel xamppnya ya. Ketika kalian menggunakan linux, kalian bisa menginstall dengan mengetikkan perintah perintah tertentu pada terminal kalian. Bagi kian yang mau install MySQL di linux kalian bisa melihat di postingan sebelumnya atau melalui link berikut :
      Untuk melakukan management database pada windows kalian bisa saja tinggal ketikan //localhost/phpmyadmin atau dengan //IP Address/phpmyadmin pada browser sobat. Nah selain cara tersebut kalian bisa menggunakan aplikasi lain seperti heidiSQL atau aplikasi bawaan seperti aplikasi backup dan restore JIBAS loh. HeidiSQL sendiri merupakan aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk melakukan management database seperti create, insert, backup restore dan management lainnya. Kalian cukup memasukan IP Address komputer yang terinstall lalu masukin username dan passwordnya. Lalu bagaimana apabila kalian tidak bisa akses database melalui aplikasi lain selain dengan menggunakan default yaitu "//localhost/phpmyadmin" terlebih jika dimana mysql kita terinstall di linux?
      Nah jika kita menggunakan linux, tidak jarang kita menemui seperti folder yang tidak bisa diakses, copy paste file atau membuat email. Itu karena kita tidak login sebagai "root". Dalam beberapa kasus bahkan apabila kalian akses server melalui komputer client lain, meski kita sudah login root tetap tidak bisa juga. Salah satu penyebab mengapa hal itu bisa terjadi adalah karena kalian belum memberikan hak akses file anda untuk bisa diedit. Untuk hak akses maupun file sharing mungkin bisa kita bahas dalam kesempatan lainnya ya :) .. Untuk saat ini karena kita sedang membahas SQL maka kita akan praktek singkat mengenai cara memberikan hak akses database agar bisa diakses oleh komputer client (komputer dalam 1 jaringan) dengan heidiSQL dan aplikasi lainnya. Caranya adalah sebagai berikut :

Caranya cukup sederhana, pertama silahkan login ke MySQL dengan mengetikkan perintah :
# mysql -u root -P
masukkan password mysql kalian setelah itu akan muncul seperti berikut. Selanjutnya ketikan perintah :
# GRANT ALL PRIVILEGES ON *.*  TO 'root'@'%' IDENTIFIED BY 'password' WITH GRANT OPTION;
 Keterangan :
    1. simbol *.* (lingkaran kuning pertama) memiliki arti bahwa semua database bisa bisa diakses
    2. simbol '%' berarti semua tabel bisa diakses
    3. lingkaran kuning ketiga yaitu 'password' isikan dengan password sql kalian. 
Apabila dalam memberikan kan akses atau grant all privileges kalian gagal kalian bisa mengetikkan perintah :
# FLUSH PRIVILEGES;
lalu kalian ulangi lagi dengan langkah grant all privileges sebelumnya.        
seteah berhasil kalian bisa restart mysql dengan keluar dari mysql (exit) lalu ketikkan mengketikkan :
# sudo /etc/init.d/mysql start

Jika cara diatas belum berhasil silahkan masuk ke my.cnf dimana kalian bisa mengketikkan :

# nano /etc/mysql/my.cnf
cari dan ubah dari yang sebelumnya :
bind-address = 127.0.0.1
menjadi :
# bind-address = 127.0.0.1

Ketika semuanya sudah dilakukan sekarang coba akses aplikasi dengan menggunakan aplikasi pilihan kalain, atau dengan heidiSQL dan silahkan konek. Dari sedikit penjelasan diatas sebenarnya kalian bisa memberikan hak ases untuk memberi akses hanya untuk database dan atau tabel tertentu yang bisa diakses. Tapi secara sederhana khususnya pemula (seperti saya..hehe) kalian bisa menggunakan perintah seperti yang sudah dijelaskan diatas. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf sebelumnya semoga dapat bermanfaat dan semoga berhasil 

Belum ada Komentar untuk "Tidak bisa akses mysql di linux dengan aplikasi HeidiSQL atau aplikasi lainnya? begini caranya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel