Menampilkan Ruler (Penggaris) di Google Docs dan Cara Penggunaannya

Jika kamu biasa membuat surat-surat menggunakan Microsoft Word, pasti kamu sering menggunakan ruler atau penggaris yang biasanya ada di bagian atas dan kiri dari lembar kerja kamu. Tanpa itu mengetik surat atau karya ilmiah akan sedikit sulit karena kita harus menentukan First line indent, Left line left indent dan Right line indent.

Bukan itu saja kalau kamu yang suka menggunakan cantolan atau biasa disebut Left Tab Stop, Center Tab Stop dan Right Tab Stop untuk membuat dokumen kamu menjadi terlihat lebih rapi dan profesional.

Tapi sebelumnya kalian harus mengubah satuan nya menjadi centimeter agar lebih familiar. Jika belum tau cara mengubahnya kalian bisa membaca Mengubah Satuan Panjang Google Docs ke Centimeter (cm). Tapi jika sudah bisa silahkan diskip aja.


Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu apa itu First line indent, Left line indent dan Right line indent.

  • First Line Indent : digunakan untuk mengatur letak awal tulisan/ text pertama dalam paragraf (apakah mau menjorok ke dalam atau rata dengan baris di bawah).
  • Left Line Indent : digunakan untuk mengatur letak tulisan lainnya yang bukan merupakan awal tulisan/ text pertama dalam paragraf (biasanya merupakan baris kedua dan seterusnya dari suatu paragraf). Jika ini dipindahkan maka First Line Indent akan mengikuti.
  • Right Line Indent : digunakan untuk mengatur batas kanan tulisan/ text pada setiap baris dari kalimat (jika panjangnya melebihi margin.


Kemudian untuk kegunaan Tab Stop adalah sebagai berikut:

  • Left Tab Stop : digunakan untuk meratakan/ menyamakan jarak setelah menekan tombol tab pada keyboard dan kemudian menggunakan (Left Align) rata kiri untuk pengetikan selanjutnya. 
  • Center Tab Stop : digunakan digunakan untuk meratakan/ menyamakan jarak setelah menekan tombol tab pada keyboard dan kemudian menggunakan (Center Align) rata tengah untuk pengetikan selanjutnya.
  • Right Tab Stop : digunakan untuk meratakan/ menyamakan jarak setelah menekan tombol tab pada keyboard dan kemudian menggunakan (Right Align) rata kanan untuk pengetikan selanjutnya.


Nah, fitur-fitur di atas akan sedikit sulit digunakan jika kita tidak mengaktifkan fitur ruler atau penggaris pada lembar kerja dengan cara:


Klik pada menu View 

Kemudian klik pada pilihan Show ruler.


Maka ruler akan muncul dan kita bisa menggunakan fitur-fitur di atas tadi. 

Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan menggunakan Google Docs? Jadi, apakah kalian akan beralih ke Google Docs?


Baca juga : Mengubah Satuan Panjang Google Docs ke Centimeter (cm)


Semoga informasi ini membantu, jika kalian merasa terbantu dengan artikel ini, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke banyak orang agar semakin banyak yang bisa menggunakan Google Docs.


Dan kalau ada kesalahan silahkan untuk berkomentar di bawah agar MLBB Lover dapat menjadi lebih baik lagi, terima kasih.



Belum ada Komentar untuk "Menampilkan Ruler (Penggaris) di Google Docs dan Cara Penggunaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel