Review TL-WR820N Tp-link Wi-Fi Router

    Hay guys, sudahkah kalian memasang internet di rumah kalian masing masing? Atau mungkin di kantor kalian? Sudah pasti ada lah ya, hhee. Biasanya provider penyedia internet menaruh alat ditempat kalian sebagai modem atau wireless router untuk mengtkoneksikan perangkat kalian ke internet. Tentu sudah tidak asing lagi dengan wireless router TP-Link ya sobat, Tp-link bisa dibilang memiliki nama sebagai salah 1 pemain besar dalam hal jaringan internet ya. Sebagai contoh switch, router banyak sekali dipakai oleh user karena harga yang relatif murah dan sudah teruji kualitasnya. 

    Berbeda dengan switch, router wifi memiliki kemampuan untuk mendistribusikan alamat IP yang akan memberikan kalian akses internet secara langsung atau secara sederhana bisa menyampaikan paket data ke tujuan. Dimana tujuannya adalah device yang terkoneksi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai switch Tp-link khususnya TP-link TL-WR820N. Untuk koneksi sendiri alat ini memiliki speed wifi mencapai 300 Mbps, WAN 10/100 Mbps dan 2 Lan dengan kecepatan 10/100 Mbps. Harga yang relatif terjangaku, body yang kecil dengan 2 antena terlihat elegan apabila ada diletakkan di ruang tamu maupun ruangan lainnya menjadi nilai plus dari Router Wifi Tp-link yang 1 ini.

    Mengutip dari website resmi dari Tp-link, Router wifi dengan tipe TL-WR820N menawarkan beberapa kelebihan yang bisa kita ulas pada pembahasan berikut ini :

1. Elegan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, wifi router yang 1 ini memiliki desain yang elegean guys. Desainnya yang kecil yaitu 115 × 106.7 × 24.3 mm dengan 2 antena yang tidak terlalu panjang juga, sangat cocok untuk ditaruh di meja kerja maupun samping smart TV kalian

Baca juga : Cara merubah televisi biasa menjadi Smart TV

2. Multi-Mode 4 in 1

Maksud dari Multimode 4 in 1 ini adalah router TP-link TL-WR820N memungkinan untuk menjalankan 4 mode dalam 1 perangkat saja. Mode mode tersebut adalah sebagai berikut :

    A. Router Mode

    Mode router adalah mode default yang secara otomatis akan tersetting apabila kita membeli perangkat ini. Mode ini memungkinkan kita untuk bisa langsung terkoneksi internet dengan tinggal memasukan sumber internet ke port WAN dan perangkat yang terhubung router baik melalui wifi ataupun LAN akan otomatis terkoneksi.

    B. Access Point Mode

    Mode akses point memungkinkan kita untuk menjadikan perangkat ini sebagai pemancar wifi saja bukan sebagai router. Apabila mode ini aktif, maka perangkat router wifi ini hanya sebagai penyambung internet dari LAN ke wifi. Kinerjanya sama persis seperti switch yaitu sebagai penyambung koneksi saja dengan Router lain dibelakangnya yang memiliki fungsi mengontrol semua koneksi internet.

    C. Range Extender Mode

    Mode range extender merupakan mode yang mana perangkat ini memiliki fungsi untuk memperpanjang koneksi wireless di suatu tempat. Misalkan kita memiliki koneksi wifi yang bagus di tempat A, sedangkan tempat B terkadang sinyalnya suka hilang. Untuk m,engatasi itu maka kita bisa menggunakan mode ini untuk membuat sinyal di lokasi B lebih kuat. Prinsip dari mode ini adalah dengan menghubungkan 2 router dengan hanya menggunakan koneksi wifi tanpa perlu dengan menggunakan kabel LAN.

    D. WISP Mode

    Mode terakhir yaitu WISP mode. Mode ini memungkinkan kita untuk bisa langsung terkoneksi ISP atau provider hanya menggunakan koneksi wireless saja tanpa dengan bantuan kabel.

3. Easy Setup

Untuk setup sendiri sebetulnya ralatif sama dengan router lainnya. Tetapi easy setup kali ini lebih ke mudah dalam monitoring melalui smartphone dikarenakan kita bisa memantau dan melakukan setting melalui aplikasi Tether yang tersedia untuk perangkat Android dan IOS.

    Sebetulnya masih ada kelebihan lain yang ditawarkan produk ini melalui website resminya seperti kecepatan dan kekuatan sinyal. Namun setelah menggunakan alat ini ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. 

Berikut review setelah menggunakan perangkat wifi router Tp-link TL-WR820N setelah 1 bulan:

1. Kecepatan internet.

Perangkat Tp-link ini menawarkan kecepatan sampai 300 Mbps dengan frekuensi 2.4 GHz saja. Padahal saat ini cukup banyak perangkat dengan menggunakan frekuensi 5 GHz. Jadi bisa dibilang ini adalah kekurangan nomor 1 ya

2. Kekuatan sinyal

Meski Tp-link mencantumkan sinyal yang kuat, tetapi koneksi akan kurang begitu bagus apabila sudah terhalang tembok ataupun kayu. Hal ini sebetulnya masih bisa dimaklumi mengingat perangkat yang relatif kecil dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar kurang dari 150 Ribu

3. Setup

Untuk settingan pada wifi router ini cukup mudah dioperasikan apalagi ditambah dengan hadirnya mobile apps yang memungkinkan kita untuk memantu koneksi internet yang terhubung di router Tp-link TL-WR820N. 

    Mungkin sekian review mengenai router wifi TP-link TL-WR820N. Bagi kalian yang sekedar ingin menambah router wifi di kosan kalian, mungkin wifi ini cocok untuk kalian gunakan. Disamping harga yang relatif murah, kalian juga bisa melakukan pengaturan koneksi secara mudah hanya melalui gadget kalian. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua, sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya 







Belum ada Komentar untuk "Review TL-WR820N Tp-link Wi-Fi Router "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel