Android VS IOS siapa yang lebih unggul ?

Android adalah operating system besutan google berbasis linux yang bisa digunakan secara gratis oleh banyak perusahaan  atau pengembang. Sedangkan IOS adalah operating system yang dikembangkan hanya oleh perusahaan apple untuk produk mereka seperti Iphone dan ipad.  Kedua operating system ini mendominasi gadget atau smartphone di seluruh dunia dengan Android sebagai yang paling banyak dipakai.

Selain dari segi jumlah, tentu android memiliki pasar yang lebih besar diakarenakan system operasi open source ini masih terjangkau oleh semua kalangan berbeda dengan Apple yang memiliki harga lebih tinggi. Meskipun begitu IOS dan android memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. 


Berikut 5 kelebihan dari operating system android dan IOS

Keunggulan Android OS:

  1. Update OS lebih cepat

Banyaknya pengembang dari Android memungkinkan operating system ini lebih cepat dalam melakukan perbaikan dan modifikasi software dibandingkan dengan IOS yang lebih tertutup dalam pengembanganya.

  1. Bisa menggunkaan headset sesuka hati

Seperti yang kita ketahui kebanyakan gadget dengan operating system IOS sudah tidak memiliki colokan utuk audio guys. Jadi hanya mengandalkan 1 lubang charger saja sehingga membutuhkan headset khusus untuk iphone atau ipad.

  1. Bisa menambahkan kapasitas storage

Para pengguna android memiliki keleluasaan dalam hal storage dengan adanya slot microSD yang biasa tersemat. Hal ini berbeda dengan IOS, dimana kita harus merogoh kocek lebih tebal apabila menginginkan storage yang lebih besar

  1. Aplikasi lebih luas dan beragam di android

Android memungkinkan kita untuk install aplikasi tanpa melalui Playstore guys. Hal ini menjadikan Android memiliki jangkauan lebih luas dalam hal aplikasi. Meskipun begitu apabila kita salah install aplikasi dari luar, bukan tidak mungkin itu adalah virus guys. Untuk itu kalian harus berhati hati dalam install aplikasi khususnya aplikasi dari luar playstore ya

  1. Bisa mengaktifkan guest mode

Guest mode memungkinkan kita unutuk memberikan hak akses kepada siapa saja yang ingin menggunakan gadget kita. Apabila mode guest ini diaktifkan, maka orang lain bisa masuk dengan privilege tertentu. Hal ini akan mempermudah apabila ada teman atau saudara yang ingin membuka hp kita tanpa tau bolak balik bertanya password terhadap pemilik handphone.


Keunggulan IOS:

  1. Sistem operasi lebih cepat dari android

Tidak bisa dipungkiri bahwa system operasi IOS yang lebih simpel membuatnya lebih ringan untuk dijalankan. Hal ini didukung juga dari segi hardware yang mumpuni membuat perangkat IOS mampu bekerja secara maksimal

  1. Mudah dioperasikan

IOS memilki tampilan yang sederhana, kita bisa langsung mengoperasikannya tanpa perlu mempelajari terlebih dahulu.

  1. Kamera jernih

Hampir semua perangkat IOS memiliki kamera yang jernih. Untuk beberapa device IOS terkadang membutuhkan cahaya yang cukup untuk menghasilkan gambar yang jernih dan kurang bagus apabila pencahayaannya kurang. . 

  1. Aman tidak rentan terhadap malware

Operating System yang tertutup dan pembatasan pembatasan yang dilakukan pihak Apple membuatnya lebih aman dari gangguan malware. 

  1. Nilai jual kebali lebih tinggi

Terakhir yaitu memiliki nilai jual kembali yang lebih besar dari android.


Masih banyak lagi keunggulan dan kekurangan dari masing masing system operasi ini. Tetapi hal diatas bisa menjadi tambahan referensi kalian untuk sekedar menambah informasi atau dalam menentukan pilihan kalian dalam memilih gadget. Pastikan kalian menentukan pilihan sesuai dengan yang kalian butuhkan ya guys, bukan sekedar untuk gaya gayaan atau yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua ya, sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya. 


Belum ada Komentar untuk " Android VS IOS siapa yang lebih unggul ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel