Install Wine pada Ubuntu 19.10 lengkap

     Hello guys sudahkah kalian menggunakan ubuntu versi 19.10 ? sampai artikel ini ditulis ubuntu sudah ada di versi 19.10 loh. Beberapa hal memang terlihat sedikit berbeda dengan ubuntu versi sebelumnya tetapi kali ini kita tidak akan membahas itu yah, yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara install wine pada ubuntu versi 19.10. Bagi kalian yang belum mengerti apa itu wine, kita akan membahas singkat di bawah ini:
     Mengutip dari wikipedia.org wine adalah proyek yang bertujuan untuk membuat sistem operasi bertipe unix dan X11 yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang dibuat khusus untuk microsoft windows. Secara sederhana aplikasi wine adalah aplikasi untuk menjalankan aplikasi windows agar bisa dijalankan linux. Nah sudah tau dong fungsinya wine ? disini sebelumnya saya kesulitan untuk menggunakan aplikasi winbox yang hanya bisa berjalan menggunakan sistem operasi windows, untuk dapat menjalankan aplikasi winbox versi windows itu di ubuntu 19.10 maka hal yang pertama diinstall adalah wine. Langsung saja kita akan install wine pada ubuntu 19.10 desktop dengan langkah seperti berikut :

1. Setup PPA

Bagi kalian yang berjalan di sistem 64 bit pertama kita akan enable sistem 32- bit dulu ya. Pertama buka terminal kalian lalu ketikkan :
# sudo dpkg --add-architecture i386
# wget -qO - https://dl.winehq.org/wine-builds/winehq.key | sudo apt-key add -

Selanjutnya adalah menambah repositori sesuai dengan versi ubuntu kalian, karna kita menggunakan ubuntu versi 19.10 maka ketikan perintah berikut :
# sudo apt-add-repository 'deb https://dl.winehq.org/wine-builds/ubuntu/ disco main'

2. Install Wine 
Setelah berhasil melakukan langkah diatas maka selanjutnya adalah eksekusi yaitu install wine. langkahnya adalah sebagai berikut :
# sudo apt-get update
# sudo apt-get install --install-recommends winehq-stable

Tunggu prosesnya sampai selesai. Apabila ada kegagalan kalian bisa menggunakan aptitude untuk install.
install aptitude terlebih dahulu :
# sudo apt-get install aptitude

Selanjutnya install wine :
# sudo aptitude install winehq-stable

3. Cek Versi Wine
Untuk melakukan cek versi wine kalian cukup ketikan perintah
# wine --version
maka akan muncul versi wine yang sudah terinstall kalau di komputer saya :
wine-4.0.2

4. Menjalankan program windows
Karna tujuan awalnya adalah menggunakan winbox di ubuntu maka kali ini yang akan digunakan sebagai percobaan adalah menggunakan wine untuk menjalankan aplikasi wibox. Sebelumnya winbox sudah didownload terlebih dahulu dengan format .exe. Untuk menjalankannya kita cukup klik kanan -> Open With Other Apllication -> winebrowser (muncul otomatis, apabila tidak muncul kita tinggal cari saja). 
Apabila sudah berhasil akan seperti gambar berikut :
Yups sepertinya hanya itu saja yang dishare mengenai cara install wine di ubuntu 19.10 semoga artikel ini bermanfaat ya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya..









Belum ada Komentar untuk "Install Wine pada Ubuntu 19.10 lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel