Cara streaming Facebok dan Youtube Bersamaan dengan OBS

Hey guys, saat ini internet menjadi hal yang wajib ada pada gadget kalian ya guys. Banyak hal bisa kita lakukan dengan koneksi internet, entah hanya sekedar untuk kebutuhan akses media social, streaming video atau juga sebagai sumber penghasilan utama. Facebook merupakan salah 1 media social yang sangat popular dikalangan anak muda sampai dewasa. Tidak jarang orang banyak juga yang mencari rejeki di platform media social yang satu ini baik dengan berjualan, atau mengandalkan facebook ads. Tidak berbeda jauh dengan youtube  yang merupakan salah satu wadah para konten creator   mengembangkan bakat dan seninya untuk memperoleh penghasilan.

Dari kedua platform diatas memiliki persamaan dan perbedaan. Tetapi ada 1 persamaan dalam keduanya yaitu fitur life streaming. Life streaming bisa dilakukan secara bersama sama dalam satu waktu antara youtube, facebook, zoom, Instagram dan yang lainnya dengan catatan harus menggunkan perangkat yang memiliki spesifikasi cukup tinggi.  Sesuai dengan judul diatas kita akan mencoba untk lifestream secara bersamaan dengan menggunakan PC dengan dibantu aplikasi OBS.

OBS adalah aplikasi video recording dan lifestream yang bisa kita dapatkan secara gratis di https://obsproject.com/. Obs bisa dijalankan di system operasi windows, linux maupun mac OS ya guys. Untuk bisa multi lifestream facebook dan youtube secara bersamaan kalian membutuhkan 1 plugin lagi ya guys namanya RTMP yang bisa kalian download di https://obsproject.com/forum/resources/multiple-rtmp-outputs-plugin.964/.  

Untuk langkah langkah cara lifestream youtube dan facebook secara bersamaan adalah sebagai berikut :

1. Persiapan Hardware

Siapkan PC dengan system operasi windows dan memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dengan ram minimal 8 GB.

Baca juga : Cara bermain game di PC

2. Persiapan Software 

Download dan install software OBS dan plugin RTMP versi windows melalui link yang sudah saya taruh di paragraph sebelumnya. 

Cara install RTMP ke OBS adalah sebagai berikut :

     Extrak file RTMP yang sudah kita download sebelumnya disana ada folder data dan obs-plugin. 

    • Pada folder obs-plugin hasil extrak tadi kalian diharuskan untuk memilih 64bit atau 32bit. Hal ini tergantung ada PC kalian ya, nah setelah kalian membukanya maka didalamnya aka nada file “ obs-multi-rtmp.dll ”. Silahkan copy file tersebut ke folder installer dimana kalian install OBS. Apabila 64bit biasanya di folder berikut C:\Program Files\obs-studio\obs-plugins\64bit, untuk 32bit C:\Program Files(x86)\obs-studio\obs-plugins\32bit.

    • Selanjutnya copy juga file data yang sudah kita extrak, copy folder obs-multi-rtmp ke C:\Program Files\obs-studio\data\obs-plugins untuk 64bit, dan C:\Program Files(x86)\obs-studio\data untuk 32bit. Folder bisa saja berbeda ya tetapi kalian bisa menyamakan dengan isi folder yang sudah diextrak tadi ke folder tempat dimana kalian install OBS dan tentu foldernya memiliki nama yang sama dengan plugin RTMP yang sudah kita download. 

3. Setting multi livestream di OBS 

Buka OBS kalian dan ketika RTMP berhasil kalian pasang maka sebelah kiri akan muncul Multiple output. Nah kalian bisaa streaming dari beberapa platform seperti facebook, youtube, Instagram dan yang lainya dengan cara add new target pada kolom multiple output. Kalian bisa memberikan nama sesuai dengan yang kalian inginkan misalnya facebook, lalu untuk mendapatkan RTMP server  dan RTMP key kalian bisa ambil di facebook atau media streaming kalian. Contoh seperti gambar berikut :

Untuk Youtube kalian bisa mendapatkan stremkey disini :

Saat add new target kalian bisa juga setting video terkait dengan apa yang ingin kita tampilkan di media streaming seperti resolusi video yang akan ditampilkan. Setelah semuanya selesai kalian tinggal klik tombol start yang ada di sebelah kiri. Yang perlu menjadi catatan adalah semakin banyak platform dan besar kualitas video yang akan ditampilkan maka semakin besar juga bandwith yang dibutuhkan, apabila kalian tidak bisa start untuk multilifestream OBS kalian harus starts streaming yang ada di obs sebelah kanan bawah ya, jadi pada dasarnya kalian harus livestream lewat aplikasi bawaan OBS terlebih dahulu baru kalian bisa menggunakan RTMP plugin . 

Yups saya kira sekian ya guys semoga dapat memberikan referensi buat kalian. Semoga berhasil, sampai jumpa di artikel selanjutnya 


 



Belum ada Komentar untuk "Cara streaming Facebok dan Youtube Bersamaan dengan OBS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel