Google Cloud Platform Indonesia

GOOGLE merupakan raksasa teknologi yang bisa dibilang sangat populer disaat ini dimana internet menjadi salah satu kebutuhan utama dalam beraktivitas. Seperti yang kita tahu, google sering kali kita gunakan dalam melakukan pencarian informasi yang kita butuhkan secara cepat, namun apakah hanya itu saja? Tentu bukan ya, disamping sebagai mesin pencari, Google juga menyediakan banyak sekali pelayanan baik tentang cloud computing dan juga bidang pendidikan seperti Google For Education

Nah terkait dengan hal yang akan kita bahas ini, maka kita hanya akan berfokus kepada Google Cloud Platform ya guys. Sudahkah kalian tau mengenai Google Cloud Platform? Buat yang belum tahu Google Cloud Platform atau yang lebih dikenal dengan GCP merupakan salah satu pelayanan yang disediakan Google untuk bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan yang bisa membantu perusahaan atau instansi dalam mempermudah operasional. Misalkan saja untuk penimpanan data (storage & database), Computing seperti Virtual Private Server/VPS maupun untuk kebutuhan lainnya. Dengan nama besar seperti saat ini tentu kita sebagai user tidak akan ragu dalam menggunakannya dikarenakan security sudah pasti kelas dunia. 

Untuk bisa menggunakan Google Cloud Platform kalian bisa mendaftarkan langsung dengan menggunakan pembayaran visa kalian. Namun apabila kalian ingin mencoba coba terlebih dahulu, google memberikan free trial selama 3 bulan dan 300 dolar atau sekitar Rp 4.000.000,00 bisa kalian gunakan untuk mencoba layanan layanan yang tersedia di google cloud panel.

Beberapa layanan yang umum digunakan antara lain, penggunaan Google Cloud VMware engine, cloud database seperti mysql cloud, postgree dan masih banyak lagi pelayanan yang lainnya. Bagi kalian yang belum mengetahui VMware kita akan jelaskan secara singkat seperti berikut :

Google Cloud VMware adalah salah satu layanan google cloud platrform yang memungkinkan user mampu mengoperasikan mesin virtual berbasis perangkat lunak berbasis cloud. Di VMware kita bisa melakukan installasi komputer seperti biasa baik dengan menggunakan operating system windows maupun unix. Untuk Google cloud sendiri hanya bisa menggunakan beberapa operating system seperti seperti windows server, ubuntu, Fedora, Red hat, dan suse linux. Dari yang sudah pernah dibuat belum lama ini, untuk OS ubuntu hanya bisa menggunakan ubuntu versi 16, 18, 20, dan yang pro. VMware google cloud ini bisa kalian gunakan untuk menginstall webserver kalian dimana ketika dibutuhkan kalian bisa menambah kapasitas hardisk dan setingan lainnya secara online. Namun jangan lupa apabila kalian menggunakan port tertentu untuk membuka port di menu firewall ya. Hal itu dikarenakan port tertentu belum sepenuhnya terbuka.

Goolge Cloud SQL

Cloud SQL adalah salah 1 layanan di google cloud yang memungkinkan kita membuat, mengkonfigurasi dan menggunakan basis data secara online atau cloud. Di Cloud SQL, kita bisa membuat database, melakukan konfigurasi dan juga melakukan backup otomatis secara berkala file database yang kita miliki. 

Nah mungkin sekian dahulu mengenai Google Cloud Platform, semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah referensi kalian. Bagi yang ingin mencoba bisa langsung dicoba ya guys, jangan takut mencoba karna sat kita diminta memasukan visa itu hanya untuk memastikan kita serius ingin mempelajari saja. Terbukti admin sudah mencoba sendiri dan setelah masa trial habis, maka selanjutnya akan diminta untuk melakukan upgrade. Jadi tidak langsung bayar otomatis. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.


Belum ada Komentar untuk "Google Cloud Platform Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel