Cara Membuat dan Setting Google Form Terbaru

        Beberapa waktu belakangan ini, kondisi kesehatan global sedang dilanda virus yang dimana dari beberapa info di media berasal dari kota wuhan di cina yaitu virus korona atau sering disebut Covid 19. Dengan merebaknya virus ini secara cepat di banyak negara membuat semua negara membuat peraturan peraturan untuk mengendalikan virus ini diantaranya melakukan lockdown wilayah, pembatasan sosial bersekala besar dan masih banyak lagi peraturan lainnya.

         Virus ini tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi saja, tetapi juga di sektor pendidikan dimana saat ini hampir semua sekolah dilakukan secara online atau daring. Untuk praktek dilapangan sendiri banyak yang menggunakan aplikasi pihak ke3 untuk membantu para guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar seperti menggunakan telekonference dengan zoom, atau dengan aplikasi lainnya.

        Salah 1 aplikasi yang bisa dilakukan secara gratis adalah google form. Google form sangat mudah sekali kita gunakan karena hanya menggunakan akun gmail saja dimana saat ini banyak yang memiliki account google. Pada dasarnya google form bisa kita pakai untuk membantu kita membuat survei, membuat kuis atau membantu kegiatan administrasi lainnya seperti misalkan pendaftaran online. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat google form dan setting dengan account gmail dan juga kita akan membatasi jumlah  user yang input dengan hanya 1 email saja yang bisa isi. Nah kita akan simak caranya di bawah ini :

1. Membuka aplikasi google form

    Seperti yang disebutkan diatas kita hanya membutuhkan email ya, caranya seperti dibawah ini :

  • Login account gmail (wajib)
  • Buka google drive kalian lalu klik new(tanda +) => More =>Google forms => blank form 


 2. Membuat form

    Selanjutnya adalah membuat google form guys, setelah cara diatas maka kalian akan diarahkan ke tab baru sehingga tampil seperti berikut :

     Kita bisa ketikan judl terlebih dahulu ya disini saya ketikan Latihan MLBBLOVER. Lalu ketikkan lagi apa yang ingin kita tanyakan dibawahnya apabila kesusahan bisa klik tombol + disebelah kanan guys untuk menambahkan pertanyaan. Lalu setelah memberikan pertanyaan, kalian bisa pilih jawaban apa yang kalian inginkan yaitu dengan memilih jenis jawaban di sebelah kanan disana  akan muncul beberapa pilihan jawaban yang kalian inginkan diantaranya short answer atau pertanyaan singkat, long answer atau juga tanggal kalian bisa pilih sesua dengan keinginan kalian. Meskipun kalian tidak memilih pilihan jawaban biasanya akan otomatis muncul guys hal itu memudahkan kita dalam setting google form. Setelah pertanyaan yang kalian buat dirasa cukup klik gambar mata seperti yang ditunjukan digambar yaitu sebelah kanan atas untuk melihat review kalian. Kalian bisa copy URL atau alamat google form setelah di review untuk dibagikan ke orang orang yang mau kalian survei. Apabila kalian merasa link terlalu panjang kalian bisa gunakan website bit.ly, gg.gg, atau tiny.cc untuk memperpendek link google form kalian.

Baca juga : membuat tombol ngelink di google sheets

3. Setting google form

Tombol setting bisa kalian klik di sebelah kanan atas yang rodagigi disamping gambar preview (mata) klik saja lalu akan muncul seperti  tampilan disamping. DIsana ada 3 settingan yaitu setting general, Presentation dan quizzes. Setting general dari yang paling atas adalah apabila diaktifkan maka responden akan mendapatkan email hasil yang mereka isikan yang akan dikirim melalui email. Lalu selanjutnya adalah membatasi responden yaitu ketika responden tidak akan bisa mengisi form lagi dengan email yang sama. Di tab presentation pada settingan selanjutnya kalian bisa menulis sesuatu apabila responden sudah selesai mengisi misalkan ucapan terima kasih. Dan terakhir quizzes adalah ketika kalian ingin membuat quizz itu artinya setiap pertanyaan yang kalian bikin memiliki bobot tertentu. Nah untuk menu lain yang belum dijelaskan kalian bisa coba coba sendiri ya...

4. Lihat responses

    Setelah link form kalian bagikan kalaian bisa melihat response melalui google form yang kalian buat di bagian responses ya, nah disana kalian bisa melihat grafik, melihat jawaban secara individu atau juga kalain bisa melihatnya di google spreedsheet yaitu tinggal klik saja tombol seperti ms exel di response lalu ok saja dan kalain akan diarahkan ke google spreedsheet. Apabila kalain ingin melakukan pengolahan data secara offline kalian bisa download google spreedsheet di bagian file- download dan akan muncul beberapa pilihan. 

Nah sudah cukup jelas bukan ? apabila kurang jelas kalian bisa komen dibawah ya guys,,

Semoga artikel membuat google form dan juga cara setting google form ini bermanfaat dan bisa menambah referensi kalian ya. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya tetap di mlbblover. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Setting Google Form Terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel