Menggunakan Left Tab-stop, Centre Tab-stop dan Right Tab-stop di Google Docs

Apa itu Tab-stop? Jika kamu sering menggunakan atau mengetik di aplikasi pengolah kata seperti Word, Open Documents dan sejenisnya. Pasti kamu pernah mendengar tentang Tab-stop.

Kira-kira bentuknya seperti ini jika kalian melihatnya di Microsoft Word:



Cantolan hitam yang seperti huruf “L” di ruler itulah yang disebut Tab-stop dan lebih tepatnya Left Tab-stop.


Sedangkan di Google Docs bentuknya akan seperti ini:

Bentuknya seperti segitiga, ini adalah Left Tab-stop.

Di aplikasi pengolah kata seperti yang saya sebutkan diatas, tab-stop ada banyak macam nya. Tetapi di dalam Google Docs tab-stop hanya ada 3 macam, yaitu:

1. Left Tab-stop
2. Centre Tab-stop
3. Right Tab-stop


Untuk menggunakan Tab-stop kita terlebih dahulu harus mengaktifkan ruler di lembar kerja Google Docs kita.

Jika belum tahu cara memunculkan ruler di Google Docs kita bisa belajar bersama melalui link ini : Cara Menampilkan Ruler di Google Docs

Untuk menambahkan Left Tab-stop, Centre Tab-stop atau Right Tab-stop kita hanya perlu meng-klik pada ruler seperti ini :




Maka akan muncul pilihan seperti pada gambar, kemudian kita klik mana jenis Tab-stop yang akan kita tambahkan. Setelah itu kita tekan tombol Tab pada keyboard, maka kursor akan berhenti tepat dimana kita menaruh Tab-stop tadi.

1. Left Tab-stop
Ini adalah contoh penggunaan Left Tab-stop
Perhatikan 2 buah Left Tab-stop yang saya tambahkan. Untuk Left Tab-stop ini maka setelah kita menekan tombol Tab text akan rata kiri tergantung dari penempatan Left Tab-stop itu sendiri.

2. Centre Tab-stop

Ini adalah contoh penggunaan Centre Tab-stop


Untuk Centre Tab-stop, setelah kita menekan tombol tab text akan rata tengah tergantung dari penempatan Centre Tab-stop itu sendiri.

3. Right Tab-stop
Ini adalah contoh penggunaan Right Tab-stop
Untuk Right Tab-stop ini maka setelah kita menekan tombol Tab text akan rata kanan tergantung dari penempatan Right Tab-stop itu sendiri.

Baca juga : Cara Menampilkan Ruler di Google Docs

Semoga informasi ini membantu, dan jika kalian merasa terbantu dengan artikel ini, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain agar semakin banyak yang bisa menggunakan Google Docs.

Dan kalau ada kesalahan silahkan untuk memberikan komentar di bawah ini agar MLBB Lover dapat menjadi lebih baik lagi, terima kasih.







Belum ada Komentar untuk "Menggunakan Left Tab-stop, Centre Tab-stop dan Right Tab-stop di Google Docs"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel