Install GIMP 2.10.20 di Ubuntu versi 20.04 Terbaru

        Sudahkah kalian menggunakan linux ubuntu versi terbaru? Saat artikel ini ditulis sudah menggunakan ubuntu versi 20.04 lho. Saat ini operating sistem yang bisa kalian gunakan secara gratis tapa perlu bayar lisensi ini memiliki tampilan yang user frendly, jadi buat kalian yang mau mencoba menggunakan linux ubuntu ini bisa beradaptasi dengan cepat. Seperti halnya di operating sistem di windows, linux khususnya ubuntu mampu melakukan tugas tugas kantor juga. Misalkan di windows kita menggunakan microsoft office di ubuntu juga kita menggunakan WPS office secara gratis tinggal download di Ubuntu STORE guys. 

        Nah lain halnya dengan aplikasi editing seperti photoshop pada windows di ubuntu kita juga menggunakan aplikasi gratis untuk editing gambar yang mirip dengan photoshop yaitu gimp. GIMP saat ini adalah sampai pada versi 2.10.20, tools dan tampilan yang simple akan membuat kalian mudah dalam mempelajari GIMP ini. Beberapa TIPS menggunakan GIMP adalah seperti berikut :

1. Bisa ganti tema

        Tema menjadi cukup penting buat kalian agar betah dalam menggunakan aplikasi ini. Cara mengganti tema juga cukup mudah kalian tinggal ke menu edit-preferences-interface-theme. Nah selain mengganti tema disana juga kalian bisa mencoba coba untuk mengganti tema icon dan masih banyak lagi settingan lainnya. 

Baca Juga : Cara install PHP versi 7 di UBUNTU

2. Maksimalkan shortcut keyboard

        Untuk mempermudah dan mempercepat kalian dalam melakukan editing dengan menggunakan aplikasi GIMP ini adalah dengan menggunakan shortcut keyboard yang mana kalian bisa melihat shortcutnya pada menu tools atau icon perintah pada aplikasi GIMP. Disana kalian akan melihat shortcut tiap untuk beberapa fungsi di tulisan paling kanan dari masing masing fungsi yang ada di menu tools. Untuk selebihnya kalian bisa coba coba sendiri ya, skill dan kebiasaan kalian  akan semakin terasah apabila kalian sering menggunakan aplikasi ini.  

        Aplikasi desain GIMP ini bisa kalian install di ubuntu versi 20.04 maupun dibawahnya dengan cara membuka ubuntu software, ketikan saja GIMP dan ketika sudah muncul akan tinggal klik install saja. Perlu jadi catatan jangan lupa untuk terkoneksi dengan internet ya..

Buat kalian yang mau install dengan menggunakan command kalian bisa ikuti langkah berikut :

1. Buka terminal

Cara membuka terminal sangat mudah yaitu klik tombol di keyboard kalian lalu ketikan terminal dan nanti akan langsung muncul


2. Install GIMP

Setelah terminal kalain terbuka, kalian tinggal ketikkan perintah berikut : 

sudo snap install gimp

Tanpa tanda petik ya sobat,,

Baca Juga : Install Wine di linux UBUNTU

Setelah prosesnya selesai kalian tinggal cek dengan cara klik tombol windows di keyboard lalu ketikkan gimp, apabila sudah terinstall dengan benar maka akan muncul icon logo GIMP yang kalian cari.

        Bagaimana cukup mudah kan mengenai cara install GIMP di linux ubuntu ini ? disini kita melakukan instalasi GIMP di ubuntu versi 20.04 ya, apabila kalian menggunakan versi yang berbeda kalian coba untuk install ke ubuntu store terlebih dahulu baru kalau tidak bisa bisa mencoba dengan menggunakan terminal seperti diatas. Semoga artikel mengenai install GIMP di linux dan juga sedikit tips menggunakan aplikasi desain pengganti photoshop bermanfaat buat kalian semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya..

Belum ada Komentar untuk "Install GIMP 2.10.20 di Ubuntu versi 20.04 Terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel