Menghubungkan Laptop ke TV tanpa ribet

    Menyambungkan antara laptop dengan TV sudah menjadi hal yang mudah saat ini. Dengan TV sebagai monitor kedua membuat kita bisa melakukan aktivitas secara bersamaan seperti menonton video dan mengerjakan tugas dalam 1 laptop. Cara menghubungkannya bisa melalui 2 cara yaitu dengan menggunakan wireless dan menggunakan kabel. Untuk bisa menyambungkan Laptop ke Televisi menggunakan kabel kita harus memastikan terlebih dahulu port yang dimiliki oleh laptop dan tv kita. Biasanya untuk laptop laptop baru hanya memiliki port HDMI saja, berbeda dengan laptop dengan generasi agak lama dimana masih menggunakan port VGA. Disisi televisi kalian juga harus cek apakah memiliki kedua port tersebut atau tidak. Lalu bagaimana apabila port laptop kita hanya ada HDMI sedangkan di televisi hanya terdapat port VGA? 


Menampilkan layar laptop di televisi

    Untuk kasus diatas bisa saja kita menggunakan konverter HDMI ke VGA. Dengan bantuan alat itu kita bisa menghubungkan kabel dengan port yang berbeda. Hal ini juga berlaku untuk konverter lainnya ya seperti converter HDMI to RCA, atau VGA to RCA. Nah jadi apabila TV kalian tidak memiliki port yang sama dengan laptop tidak menjadi masalah dengan adanya konverter ini tetap bisa digunakan. Tetapi ada catatan jika salah 1 port menggunakan port VGA maka kemungkinan besar suara tidak akan keluar dikarenakan port VGA tidak support untuk mengeluarkan suara. Berbeda apabila kalian menggunakan HDMI maka suara akan otomatis masuk ke televisi. Apabila menemui kasus seperti ini, suara yang akan keluar hanyalah dari laptop saja sedangkan gambar akan tetap muncul di tv. Jika kalian kurang puas dengan suara melalui laptop, kalian bisa menggunakan speaker external dengan mencocokkannya ke komputer atau laptop kalian. 

Langsung saja kita akan mempraktekan 3 cara menyambungkan laptop ke televisi

1. Menggunkan Kabel HDMI

    Cara pertama adalah dengan menyambungkan laptop ke tv menggunakan kabel hdmi. Langkahnya mudah, kalian cukup menyiapkan kabel hdmi dengan panjang secukupnya lalu colokkan ke port HDMI yang ada di laptop kita dan 1 lagi di port yang ada pada televisi maka biasanya langsung akan muncul suara beserta gambarnya. Apabila gambar tidak muncul otomatis maka kalian bisa mencoba dengan klik shortcut windows+p pada keyboard laptop lalu pilih duplicate untuk menduplikat layar laptop atau extend dimana apabila extend kita perlu memainkan kursor yaitu drag saja apa yang mau kita tampilkan di layar tv. Misalkan browser youtube mau ditampilkan di TV maka kita cukup klik dan tahan paling atas browser geser ke arah kanan sampai muncul di layar tv. Dengan begitu kita bisa sambil browsing atau melakukan kegiatan lain di tampilan tv sebagai monitor kedua sambil mengerjakan sesuatu di layar laptop. 

2. Menggunakan Kabel VGA

    Selanjutnya adalah dengan menggunakan kabel VGA. Kabel VGA ini juga umum banget ya biasanya ada di laptop atau TV walaupun mungkin untuk laptop baru kebanyakan tidak memiliki port VGA. Nah caranya sama dengan langkah pertama tadi cukup colokkan di masing masing device yaitu laptop dan tv lalu apabila tidak muncul otomatis silahkan klik Windows+P bersamaan dan pilih mode yang kalian suka. 

Sebagai catatan apabila kalian menyambungkan laptop dengan televisi menggunakan VGA maka biasanya suara tidak akan muncul di tv ya, hal ini dikarenakan VGA tidak bisa mengirimkan sinyal audio. Jadi paling solusinya kalian bisa menggunakan audio bawaan laptop atau speaker portable yang dihubungkan ke laptop. Untuk kasus apabila laptop memiliki port HDMI saja sedangkan TV hanya ada VGA atau RCA, kalian bisa menggunakan konverter ya guys. Kalian bisa cari di toko2 online dan toko komputer bilang saja konverter HDMI ke VGA atau yang lainnya

3. Menggunakan Wireless

    Untuk bisa menggunakan cara yang ketiga ini kalian bisa membeli alatnya terlebih dahulu, untuk yang biasa dipakai seperti Chromecast atau Anycast. Setelah memiliki alat tersebut biasanya kalian akan diminta untuk install aplikasi bawaan dari kedua alat di atas di laptop terlebih dahulu. Biasanya kalian bisa konek ke tv apabila kalian berada dalam 1 jaringan wireless. Contoh kalian memiliki router internet, maka Wireless konverter bisa kalian konekkan ke router rumah kalian dan laptop juga harus konek ke router yang sama. Apabila tidak menggunakan router kalian bisa konek menggunakan hotspot HP atau konek langsung ke alat tersebut. Intinya harus 1 network ya. Setelah konek 1 network kalian bisa memilih menu duplicate layar. 

Baca juga : Mengubah TV biasa menjadi televisi Android

    Ketiga cara diatas merupakan cara paling banyak digunakan untuk menyambungkan antara laptop ke TV, jika kalian berminat untuk melakukanya maka hal pertama kalian bisa cek dulu port apa yang dimiliki oleh laptop dan televisi entah itu VGA atau HDMI. Untuk menghubungkan menggunakan wireless terkadang juga membutuhkan colokan USB yang nantinya akan digunakan sebagai powernya.

Sekian pembahasan mengenai cara menghubungkan komputer atau laptop ke televisi semoga bisa membantu kalian dalam menambah referensi. 


Belum ada Komentar untuk "Menghubungkan Laptop ke TV tanpa ribet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel